CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 03 Mei 2011

Prakerin


PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
TAHUN DIKLAT 2010/2011
DI DUNIA USAHA/INDUSTRI
SHALVA MOTOR
 

JURUSAN
TEKNIK KENDARAAN RINGAN
 




Laporan praktek kerja industri(PRAKERIN) ini disususn sebagai salah satu syarat wajib untuk menempuh Kompetensi Nasional Kelas XI



http://photos-g.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc4/40476_460506938486_91461983486_6417986_4890220_s.jpg





MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH MUHAMMDIYAH
SMK MUHAMMADIYAH 06 DONOMULYO
STATUS TERKREDITASI”A”
KEMPETENSI KEAHLIAN:
1.    TEKNIK KENDARAAN RINGAN
2.    TEKNIK SEPEDA MOTOR
3.    TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
APRIL 2011
LEMBAR PENGESAHAN
i
Praktek Kerja Industri (Prakerin)di Dunia Usaha /Industri SHALVA MOTOR telah di setujui pada tanggal  02 Mei 2011oleh;
















Pembimbing Sekolah,                                                          Pembimbing DU/DI





                                                                                                 Eko Sugiarto
                                               

                                              Mengetahui dan Mengesahkan:

Kepala Sekolah,                                                                    Pimpinan/Direkteur DU/DI



Drs. Nasikin,S.Pd.                                                                             Eko Sugiarto
NKT AM .707878


ii
KATA PENGANTAR

          Syukur alhamdulilah kita hanturkan kehadirat Allah SWT aatas karunia ,nikmat dan hidayahNya,buku laporan praktek kerja industry (PRAKERIN)SMk Muhammadiyah 6 Donomulyu Malang telah selesai disusun dan diterbitkan.Semoga buku panduan in berguna dan bermanfaat bagi para pembaca,khususnya bagi siswa peserta praktek kerja industry(PRAKERIN).
            Buku panduan ini berisi tentang hal-hal dasar yang berhubungan dengan program PRAKERIN yang meliputi ,pelaksanaan dan laporanbagi siswa pesertaPRAKERIN diaharapkan untuk membaca dan memahami arti dan tujuan PRAKERIN.Melaksanakan dengan penuh tanggung jawab isi dan tata tertib PRAKERIN disiplin dalam menjalankan PRAKERIN.Tertib dan rapi mengisi catatan kerkja harian siswa,serta mampu membuat laporan PRAKERIN dengan baik.
            Diharapkan bagi pihak-pihak yang terkait seperti Tim monitoring,pembimbing lapangan DU/DI,buku panduan ini bias dijadikan bahan acuan dalam pelaksanaan PRAKERIN di lapangan sehingga PRAKERIN dapat berlangsung dengan baik,lancer dan sukses sesuai yang diharapkan bersama.
            Akhirnya disampaikan terimakasih kepada semua pihak yangtelah turut serta membantu dalam penyiapan materi,penulisan naskah dan penerbitan buku ini.Semoga sumbangan pikiran tenaga dan waktunya dicatat sebagai amal sholeh oleh Allah SWT.








                                                                                                Malang,02 Mei 2011
                                                                                                Penyusun,
                                                                                               
                       


 



                                                        
iii
DAFTAR ISI


LEMBAR JUDUL……………………………………………………………………………… i
LEMBAR  PENGESAHAN…………………………………………………………………… ii
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………. iii
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………………… iv
BAB I  PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang…………………………………………………………………… 1
B.   Tujuan Prakerin………………………………………………………………….. 1
C.   Sejarah Bengkel…………………………………………………………………. 1
D.   Struktur Organisasi Bengkel………………………………………………….. 1
BAB II PEMBAHASAN
            2.1 Perawatan Dan Perbaikan Motor Otomotif
               1. Jenis Praktek …………………………………………………………………….. 2
               2. Peralatan Yang Digunakan……………………………………………………… 2
               3. Langkah Kerja
a.    Pembongkaran…………………………………………………………… 2
b.    Pemeriksaan dan Pengurukuran………………………………………. 2
c.    Perakitan………………………………………………………………….. 2
d.    Uji Coba Hasil Kerja……………………………………………………... 2
2.2 Perawatan Dan Perbaikan Sistem Kelistrikan Otomotif
1. Jenis Praktek……………………………………………………………………....2
2.Peralatan Yang Digunakan………………………………………………………..2
3.Langkah Kerja
a.    Pembongkaran……………………………………………………………..2
b.    Pemeriksaan dan Pengurukuran………………………………………… 2
c.    Perakitan………………………………………………………………….. . 2
d.    Uji Coba Hasil Kerja……………………………………………………..... 2
2.3 Perawatan Dan Perbaikan Chasis
   1.Jenis Praktek……………………………………………………………………... .. 3
   2.Peralatan Yang Digunakan……………………………………………………….  3
   3.Langkah Kerja
a.    Pembongkaran…………………………………………………………….. 3
b.    Pemeriksaan dan Pengurukuran………………………………………… 3
c.    Perakitan………………………………………………………………….. . 3
d.    Uji Coba Hasil Kerja……………………………………………………..... 3
2.4 Perawatan Dan Perbaikan Sistem Pemindah Tenaga Otomotif
   1.Jenis Praktek……………………………………………………………………... .. 4
   2.Peralatan Yang Digunakan………………………………………………………. .4
   3.Langkah Kerja
a.    Pembongkaran……………………………………………………………. 4
b.    Pemeriksaan dan Pengurukuran…………………………………………4
c.    Perakitan………………………………………………………………….. .4
d.    Uji Coba Hasil Kerja…………………………………………………….....4
2.5 Perawatan Dan Perbaikan Berkala (tune Up)
iv
   1.Jenis Praktek……………………………………………………………………... . 4
   2.Peralatan Yang Digunakan………………………………………………………..4
   3.Langkah Kerja
a.    Pembongkaran……………………………………………………………. 4
b.    Pemeriksaan dan Pengurukuran…………………………………………4
c.    Perakitan………………………………………………………………….. .4
d.    Uji Coba Hasil Kerja…………………………………………………….....4
BAB III PENUTUP
            A. Kesimpulan…………………………………………………………………………..5
            B. Saran-Saran………………………………………………………………………….5
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………………………..5





































v



BAB I
PENDAHULUAN



E.   Latar Belakang
Agar para siswa  tidak kaget setelah nanti memasuki dunia usaha/industry yang akan mereka jalankan setelah lulus sekolah.
Dengan adanya kegiatan Prakerin ini siswa bias langsung terjun kedalam dunia usaha.

B.Tujuan Prakerin
-       Untuk Melatih kemandirian siswa
-       Meningkatkan kualitasa kemandirian siswa
-       Memperkokoh program Link And Mafeh yang telah ditetapkan pemerintah
-       Memberi kesempatan bagi siswa yang meamiliki potensi untuk menjadi tenaga kerja yang terampil

C.Sejarah Bengkel
            Berdirinya Shalva Motor mulai 2004 – Sampai sekarang.Dulu pemimpin bengkel ini hanya lulusan SMA saja,dan pada waktu lulus bekerja sambil seklah lasi di BLK singosari Malang .Kemudian mulai meniti pengalaman keluar pulau yaitu di Lombok Tengah.
            Setelah itu dipindahkan lagi di Denpansar Bali pada tahun 2004,kembali lagi ke kota Malang dan mulaia mendirikan bengkel sendiri di kota Malanag dengan modal pengalaman yang sudah ada.Berjalanlah bisnis bengkel tersebut dengan mengerjakan mesin diesel/bensin.Demikian sejarah bengkel SALVA MOTOR.
D.Struktur Organisasai Bengkel
            - Kepala bengkel :Eko Sugiarto
            - Mekanik             :Jemi





           












1




BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Perawatan Dan Perbaikan Motor Otomotif.
      1.Jenis Praktek
            Tune Up
      2. Peralatan Yang Digunakan
            Kunci busi                               Kunci (T)                                 Timming light
            Tang                                        Kunci 10 pasreng                   Kompresi motor,dll
            Obeng +                                  Kunci (T) 8
            Obeng –                                   Kunci 8 pasreng
            Kunci +                                    Kunci ring 17
            Kunci –                                    Kunci 19
            Kunci T 12mm                                    Kunci 21
            Kunci 12 pasreng                    Kunci 14
Kunci T 10                               Sikat Baja
Kunci 10 pasreg                      Vilter

1.    Langkah Kerja
 a.Pembongkaran
            - Lepasi tutup value untuk penyetelan value.
- Lepas busi,bersihkan kemudian diukur kerenggangan dengan ukuran sampai 0,70mm-        
  0,80mm.
- Buka distributor,pengecekan platina ukur kertenggangan untuk bensin 0,15mm(in)0,20(ex)
            - Bersihkan kabilator dan penyetelan.
            - Pengukuran konbelt dengan ukuran 10kg/cm2
            - Pengukuran sudut duel dengan timming ligjt.
            - Pengecekan air radiator,bila kurang ditambah.
            - Pengecekan oli,bila oli sudah mencapai 2500Km-500Km oli harus diganti.
            - Pembersihan filter udara ,filter bensin.
b.Pemeriksaan dan Pengukuran.
            - Untuk pengukuran platina 0,15mm untuk valve in-0,20mm untuk valve lex
- Untuk pengukuran sudut duel pada rpm 500-600 dengan sudut duel 00 dengan alat pe
  ngukuran timming light.
            -Pengukuran busi digunakan fuler dengan ukuran 0.20mm-0,80mm.
c.Perakitan.
            - Pasang tutup valve setelah penyetelan.
            - Pasang kembali yang sudah dibersihakan dan sudah di ukur.
            - Tutup kembali semua yang dilepas.
            - Pasang kembali semua yang di lepas.
            - Tutup kembali kap mesin bila sudah selesai semua.
d.Uji Coba Hasil Kerja
            Mobil di sart lalu di gas secara bertahap 1000-200 rpm,bila tidak ada kendala mobil dijalankan.Pada waktu jalan apabila tidak ada problem pengapian berarti kondisi mobil sudah bagus.         
2.2 Perawatan Dan Perbaikan Sistem Kelistrikan Otomotif.
2
1.Jenis Praktek.
            Pemasangan relay sel
2.Peralatan Yang Digunakan.
            Tang Lancip
            Obeng (-) 
            Obeng (+)
            Volt Meter
            Isolator
            Tang Potong
            Tespen
3.Langkah Kerja.
   a.Pembongkaran.
            Pembongkaran lampu kepala ketika cek kondisi lampu kondisi fuse,kondisis soket bila ada konsleting kabel akan terlihat meleleh.Kita lepas kabel set dan diganti,bila sudah tidak dapat dipakai lagi.
  b.Pemeriksaan dan Pengukuran.
            Periksa kabel,bila ada kabel yang terkelupas harap dibungkus dengan isolator(solasi)agar tidak terjadi konsleting.
  c.Perakitan.
            - Untuk pemasangan elay soket 86 ke komponen soket 86 ke kabel 86 dan 50 ke kabel (+)Plus.
            - Dan fuse dipasang sebelum soket 86.
 d.Uji Coba Hasil Kerja.
- BIla lampu disalurkan kondisi kabel terlalu panas dan nyala lampu terang/tidak redup.
- Pada waktu lampu dimatikan relay harus tidak ada arus.
2.3 Perawatan Dan Perbaikan Chasis Dan Suspensi Otaomotif.
1.Jenis Praktek.
            Under Stel
2.Peralatan Yang Digunakan.
 Palu                            Kunci (+)plus
Kunci roda                  Obeng (+)
Stang jek                     Obeng (-)
Dongkrak
3.Langkah Kerja.
a.Pembongkaran
b.Pemeriksaan Dan pengukuran
            Periksa kondisi boring bila karet boing sudah harus diganti.Periksa sok bila tekanan hidralis terlalu rendah.
            Harus diservis kenyamanan berkemudi tergantung pasa under stel.
c.Perakitan.
- Pasang busing pada arem ,stabilizer,Pasang sil staper pasa sock beker hidralis ganti sok beker bila mengunakan gas.
- Pasang roda dan siap untuk dicoba.
d.Uji Coba Hasil Kerja.
            Waktu jalan mobil terasa nyaman dan rileks tidak ada ketegangan,berarti mobil sudah fit(normal).

2.4 Perawatan Dan Perbaikan Sistem Pemindah Tenaga Otomotif.
1.Jenis Praktek.
3
            Ger box dan garden
2.Peralatan Yang Digunakan.
            Kunci
            Pasreng
            Obeng(-) besar
            Obeng(-) kecil
            Dongkrak
            Jecksten
3.Langkah Kerja.
            Pelepasan baut frofeler,baut steleleng gear book,pelepasan mounting gear book pelepan gear book.
            Pelepasan baut matahari dan roda gila.
b.Pemeriksaan Dan Pengukuran.
            Periksa kondisi kampas kopling jika sudah terlalu tipis harus diganti untuk menghindari selip kopling dan diperiksa kreas join dan sil yang perlu diganti.
c.Perakitan.
            Pasang matahari,kompas kopling dan matahari dikencangkan baut dengan sekuat tenaga dan kira-kira pasang gear box monting,gear box dan fropeler.
d.Uji Coba Hasl Kerja.
            Saat jalan tidah teasa tersendal-sendal.Pada saat angkatan pertama,pada saat kecepatan tinggi tidak bebau menyengat dari gear box.
2.5 Perawatan Dan Perbaiakan Berkala(Sevice tune up).
1.Jenis Praktek.
            Tune Up
2.Peralatan Yang Digunakan.
            Kunci busi                   Kunci pasring 8
            Tang                            Kunci ring 17  
            Obeng(+)                    Kunci 19
            Obeng(-)                     Sikat Baja
            Kunci (T)12                 Vilter
            Kunci Pasreng 12       Timming light
            Kunci (T)10                 Kompresi mobil
            Kunci pas ring 10        Dll
3.Langkah Kerja.
a.Pembongkaran.
- Lepas tutup valve untuk penyetelan valve.
- Buka distributor,pengecekan plating,ukur ketenggangan,ukur sampai  0.70mm-0.80mm.
- Lepas busi bersihkan kemudian diukur kerenggangan.Dengan ukuran yang pas,ukuran sampai 0,15mm-0,20mm.
b.Pemeriksaan dan Pengukuran.
- Untuk Pengukuran plating 0,15mm untuk valve(in)0,20mm untuk valve(ex).
- Pengukuran besi digunakanfoller dengan ukuran 0,20mm-0,80mm.
c.Perakitan.
-  Pasang kembali tutup vallep yang dilepas tadi.
- Tutup kembali distributor sesudah pengecekan
- Pasang kembali busi yang dilepas,bila sudah selesai dibersihkan dan dikukur.
4
d.Uji Coba Hasil Kerja.
- Mobil di start lalu gas secara bertahap 1000rpm-2000rpm,bila tidak ada kendala pada mobil ,siapa untuk diajalankan.Dan pada waktu jalan tidak ada problem pada pengapian berarti kondisi mobil sudah bagus(fit).















































5
BAB III
PENUTUP



A.Kesimpulan.
            Laporan prakerin ini saya buat agar adik-adik dapat membaca dan mengamati,sehinga pada saat pembuatan laporan prakerin nanti adik-adik dapat membuat laporan dengan sungguh – sungguh agara mendapatkan hasil yang baik daripada laporan yang dibuat oleh saya.Saya mengucapkan beribu-ribu terimakasih kepada bapak kepala sekolah,bapak Monitoring Prakerin.bapak kepala bengkel dan para pembimbing bengkel,sehingga saya dapat mengerjakan laporan Prakerin dengan sebaik-baiknya.Sya berharap Prakerin tahun depan dan sterusnya para siswa juga diberi bukupanduan dan jurnal Prakerin yang sama siswa dari awal sampai akhir pembuatan laporan.

B.Saran-saran.
            Laporan Prakerin ini tidak akan luput dari kesalahan baik tulisan maupun kalimat,maka saya berharap para pembaca agar memberikan kritik dan saran.Sehingga pada pembuatan tugas akhir kelas tiga nanti saya dapat membuat TA lebi baik dari kakak-kakak kelas tiga yang sudah lulus.
           




























6
DAFTAR PUSTAKA


1.www.otomotif.com









































7
LAPORAN KEGIATAN SISWA PRAKERIN SECARA BERKALA

TANGGAL
WAKTU
KEGIATAN
PARAF
MULAI
SELESAI
(1)
(1)
 (2)
(4)
(5)
10-01-2011
08.00
16.00
Membersihkan rumah piston

11-01-2011
08.00
15.30
Membongkar gigi transmisi

12-01-2011
08.00
15.30
Memasang tromol dan roda

13-01-2011
08.00
15.30
Membantu memasang askrom

14-01-2011
08.00
15.30
Memasang roda

15-01-2011
08.00
15.30
Melepas poros propeler

16-01-2011
08.00
15.30
Memasang roda

17-01-2011
08.00
15.30
Ganti oli

18-01-2011
08.00
15.30
Membantu memasang roda

19-01-2011
08.00
15.30
Mengetap dan mengganti oli

20-01-2011
08.00
15.30
Mengisi air radiator

21-01-2011
08.00
15.30
Membantu membongkar mesin

22-01-2011
08.00
15.30
Mengisi air radiator

23-01-2011
08.00
15.30
Membersihkan blok kap

24-01-2011
08.00
15.30
Mengganti roda

25-01-2011
08.00
15.30
Mengetap oli

26-01-2011
08.00
15.30
Memasan tromol dan roda

27-01-2011
08.00
15.30
Memasang roda

28-01-2011
08.00
15.30
Membersihkan rumah piston

29-01-2011
08.00
15.30
Melepas poros propeler

31-01-2011
08.00
15.30
Mengisi air radiator





















LAPORAN KEGIATAN SISWA PRAKERIN SECARA BERKALA

TANGGAL
WAKTU
KEGIATAN
PARAF
MULAI
SELESAI
(1)
(1)
 (2)
(4)
(5)
01-02-2011
08.30
18.30
Mmasang piston

02-02-2011
08.30
16.30
Menyekur klep

03-02-2011
08.30
16.30
Membersihkan karbulator

04-02-2011
08.30
16.30
Mengganti oli

05-02-2011
08.30
16.30
Mengganti oli gardan

06-12-2011
08.30
16.30
Melepas roda

07-02-2011
08.30
16.30
Memasang aki

08-02-2011
08.30
16.30
Tune up

09-02-2011
08.30
16.30
Tune up

10-02-2011
08.30
16.30
Memasang aki

11-02-2011
08.30
16.30
Menyekur klep

12-02-2011
08.30
16.30
Tune up

13-02-2011
08.30
16.30
Memasang piston

14-02-2011
08.30
16.30
Tune up

15-02-2011
08.30
16.30
Ganti Oli

16-02-2011
08.30
16.30
Tune up

17-02-2011
08.30
16.30
Membantu menaikan bak perseneling

18-02-2011
08.30
16.30
Menyekur klep

19-02-2011
08.30
16.30
Tune up

20-02-2011
08.30
16.30
Ganti teming bel

21-02-2011
08.30
16.30
Memasang aki

22-02-2011
08.30
16.30
Menyekur klep

23-02-2011
08.30
16.30
Gantiteming bel

24-02-2011
08.30
16.30
Memasang aki

25-02-2011
08.30
16.30
Tune up

26-02-2011
08.30
16.30
Memasang aki

27-02-2011
08.30
16.30
Tune up

28-02-2011
08.30
16.30
Memasang aki




               




LAPORAN KEGIATAN SISWA PRAKERIN SECARA BERKALA
TANGGAL
WAKTU
KEGIATAN
PARAF
MULAI
SELESAI
(1)
(1)
 (2)
(4)
(5)
01-03-2011
08.30
16.30
Memasang piston

02-03-2011
08.30
16.30
Menyekur klep

03-03-2011
08.30
16.30
Menyekur klep

04-03-2011
08.30
16.30
Tune up

05-03-2011
08.30
16.30
Memasang piston

06-13-2011
08.30
16.30
Membantu menaikan bak perseneling

07-03-2011
08.30
16.30
Servis dimano

08-03-2011
08.30
16.30
Memasang piston

09-03-2011
08.30
16.30
Servis dimano

10-03-2011
08.30
16.30
Melepas roda

11-03-2011
08.30
16.30
Memasang piston

12-03-2011
08.30
16.30
Membantu menaikan bak perseneling

13-03-2011
08.30
16.30
Menyekur klep

14-03-2011
08.30
16.30
Melepas roda

15-03-2011
08.30
16.30
Servis dimano

16-03-2011
08.30
16.30
Memasang piston

17-03-2011
08.30
16.30
Membantu menaikan bak perseneling

18-03-2011
08.30
16.30
Menyekur klep

19-03-2011
08.30
16.30
Servis dimano

20-03-2011
08.30
16.30
Memasang piston

21-03-2011
08.30
16.30
Membantu menaikan bak perseneling

22-03-2011
08.30
16.30
Servis dimano

23-03-2011
08.30
16.30
Menyekur klep Menyekur klep

24-03-2011
08.30
16.30
Servis dimano

25-03-2011
08.30
16.30
Servis dimano

26-03-2011
08.30
16.30
Memasang piston

27-03-2011
08.30
16.30
Servis dimano

28-03-2011
08.30
16.30
Servis dimano

29-03-2011
08.30
16.30
Memasang piston

30-03-2011
08.30
16.30
Servis dimano

31-03-2011
08.30
16.30
Membantu menaikan bak perseneling







LAPORAN KEGIATAN SISWA PRAKERIN SECARA BERKALA
TANGGAL
WAKTU
KEGIATAN
PARAF
MULAI
SELESAI
(1)
(1)
 (2)
(4)
(5)
01-04-2011
08.30
16.30
Memasang piston

02-04-2011
08.30
16.30
Menyekur klep

03-04-2011
08.30
16.30
Menyekur klep

04-04-2011
08.30
16.30
Mengganti oli

05-04-2011
08.30
16.30
Memasang piston

06-14-2011
08.30
16.30
Membantu menaikan bak perseneling

07-04-2011
08.30
16.30
Servis dimano

08-04-2011
08.30
16.30
Memasang piston

09-04-2011
08.30
16.30
Servis dimano

10-04-2011
08.30
16.30
Melepas roda

11-04-2011
08.30
16.30
Memasang piston

12-04-2011
08.30
16.30
Membantu menaikan bak perseneling

13-04-2011
08.30
16.30
Menyekur klep

14-04-2011
08.30
16.30
Melepas roda

15-04-2011
08.30
16.30
Servis dimano

16-04-2011
08.30
16.30
Memasang piston

17-04-2011
08.30
16.30
Membantu menaikan bak perseneling

18-04-2011
08.30
16.30
Menyekur klep

19-04-2011
08.30
16.30
Servis dimano

20-04-2011
08.30
16.30
Memasang piston













LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
TAHUN DIKLAT 2010/2011
DI DUNIA USAHA/INDUSTRI

SHALVA MOTOR
 


DISUSUN OLEH:
NAMA                        :YOHANES ANGGRISKI L
                        NO INDUK    :2762/289020
                        KELAS          :XI TKR 2
                        JURUSAN    :TEKNIK KENDARAAN RINGAN

http://photos-g.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc4/40476_460506938486_91461983486_6417986_4890220_s.jpg





            MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH MUHAMMDIYAH
SMK MUHAMMADIYAH 06 DONOMULYO
STATUS TERKREDITASI”A”
KOMPETENSI KEAHLIAN:
1.    TEKNIK KENDARAAN RINGAN
2.    TEKNIK SEPEDA MOTOR
3.    TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN

0 comments:

Posting Komentar