PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
TAHUN DIKLAT 2010/2011
DI DUNIA USAHA/INDUSTRI
SHALVA MOTOR
JURUSAN
TEKNIK KENDARAAN RINGAN
Laporan praktek kerja industri(PRAKERIN) ini disususn sebagai salah satu syarat wajib untuk menempuh Kompetensi Nasional Kelas XI
MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH MUHAMMDIYAH
SMK MUHAMMADIYAH 06 DONOMULYO
STATUS TERKREDITASI”A”
KEMPETENSI KEAHLIAN:
1. TEKNIK KENDARAAN RINGAN
2. TEKNIK SEPEDA MOTOR
3. TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
APRIL 2011
LEMBAR PENGESAHAN
i
Praktek Kerja Industri (Prakerin)di Dunia Usaha /Industri SHALVA MOTOR telah di setujui pada tanggal 02 Mei 2011oleh;
Pembimbing Sekolah, Pembimbing DU/DI
Eko Sugiarto
Mengetahui dan Mengesahkan:
Kepala Sekolah, Pimpinan/Direkteur DU/DI
Drs. Nasikin,S.Pd. Eko Sugiarto
NKT AM .707878
ii
KATA PENGANTAR
Syukur alhamdulilah kita hanturkan kehadirat Allah SWT aatas karunia ,nikmat dan hidayahNya,buku laporan praktek kerja industry (PRAKERIN)SMk Muhammadiyah 6 Donomulyu Malang telah selesai disusun dan diterbitkan.Semoga buku panduan in berguna dan bermanfaat bagi para pembaca,khususnya bagi siswa peserta praktek kerja industry(PRAKERIN).
Buku panduan ini berisi tentang hal-hal dasar yang berhubungan dengan program PRAKERIN yang meliputi ,pelaksanaan dan laporanbagi siswa pesertaPRAKERIN diaharapkan untuk membaca dan memahami arti dan tujuan PRAKERIN.Melaksanakan dengan penuh tanggung jawab isi dan tata tertib PRAKERIN disiplin dalam menjalankan PRAKERIN.Tertib dan rapi mengisi catatan kerkja harian siswa,serta mampu membuat laporan PRAKERIN dengan baik.
Diharapkan bagi pihak-pihak yang terkait seperti Tim monitoring,pembimbing lapangan DU/DI,buku panduan ini bias dijadikan bahan acuan dalam pelaksanaan PRAKERIN di lapangan sehingga PRAKERIN dapat berlangsung dengan baik,lancer dan sukses sesuai yang diharapkan bersama.
Akhirnya disampaikan terimakasih kepada semua pihak yangtelah turut serta membantu dalam penyiapan materi,penulisan naskah dan penerbitan buku ini.Semoga sumbangan pikiran tenaga dan waktunya dicatat sebagai amal sholeh oleh Allah SWT.
Malang,02 Mei 2011
Penyusun,
iii
DAFTAR ISI
LEMBAR JUDUL……………………………………………………………………………… i
LEMBAR PENGESAHAN…………………………………………………………………… ii
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………. iii
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………………… iv
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang…………………………………………………………………… 1
B. Tujuan Prakerin………………………………………………………………….. 1
C. Sejarah Bengkel…………………………………………………………………. 1
D. Struktur Organisasi Bengkel………………………………………………….. 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Perawatan Dan Perbaikan Motor Otomotif
1. Jenis Praktek …………………………………………………………………….. 2
2. Peralatan Yang Digunakan……………………………………………………… 2
3. Langkah Kerja
a. Pembongkaran…………………………………………………………… 2
b. Pemeriksaan dan Pengurukuran………………………………………. 2
c. Perakitan………………………………………………………………….. 2
d. Uji Coba Hasil Kerja……………………………………………………... 2
2.2 Perawatan Dan Perbaikan Sistem Kelistrikan Otomotif
1. Jenis Praktek……………………………………………………………………....2
2.Peralatan Yang Digunakan………………………………………………………..2
3.Langkah Kerja
a. Pembongkaran……………………………………………………………..2
b. Pemeriksaan dan Pengurukuran………………………………………… 2
c. Perakitan………………………………………………………………….. . 2
d. Uji Coba Hasil Kerja……………………………………………………..... 2
2.3 Perawatan Dan Perbaikan Chasis
1.Jenis Praktek……………………………………………………………………... .. 3
2.Peralatan Yang Digunakan………………………………………………………. 3
3.Langkah Kerja
a. Pembongkaran…………………………………………………………….. 3
b. Pemeriksaan dan Pengurukuran………………………………………… 3
c. Perakitan………………………………………………………………….. . 3
d. Uji Coba Hasil Kerja……………………………………………………..... 3
2.4 Perawatan Dan Perbaikan Sistem Pemindah Tenaga Otomotif
1.Jenis Praktek……………………………………………………………………... .. 4
2.Peralatan Yang Digunakan………………………………………………………. .4
3.Langkah Kerja
a. Pembongkaran……………………………………………………………. 4
b. Pemeriksaan dan Pengurukuran…………………………………………4
c. Perakitan………………………………………………………………….. .4
d. Uji Coba Hasil Kerja…………………………………………………….....4
2.5 Perawatan Dan Perbaikan Berkala (tune Up)
iv
1.Jenis Praktek……………………………………………………………………... . 4
2.Peralatan Yang Digunakan………………………………………………………..4
3.Langkah Kerja
a. Pembongkaran……………………………………………………………. 4
b. Pemeriksaan dan Pengurukuran…………………………………………4
c. Perakitan………………………………………………………………….. .4
d. Uji Coba Hasil Kerja…………………………………………………….....4
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan…………………………………………………………………………..5
B. Saran-Saran………………………………………………………………………….5
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………………………..5
v
BAB I
PENDAHULUAN
E. Latar Belakang
Agar para siswa tidak kaget setelah nanti memasuki dunia usaha/industry yang akan mereka jalankan setelah lulus sekolah.
Dengan adanya kegiatan Prakerin ini siswa bias langsung terjun kedalam dunia usaha.
B.Tujuan Prakerin
- Untuk Melatih kemandirian siswa
- Meningkatkan kualitasa kemandirian siswa
- Memperkokoh program Link And Mafeh yang telah ditetapkan pemerintah
- Memberi kesempatan bagi siswa yang meamiliki potensi untuk menjadi tenaga kerja yang terampil
C.Sejarah Bengkel
Berdirinya Shalva Motor mulai 2004 – Sampai sekarang.Dulu pemimpin bengkel ini hanya lulusan SMA saja,dan pada waktu lulus bekerja sambil seklah lasi di BLK singosari Malang .Kemudian mulai meniti pengalaman keluar pulau yaitu di Lombok Tengah.
Setelah itu dipindahkan lagi di Denpansar Bali pada tahun 2004,kembali lagi ke kota Malang dan mulaia mendirikan bengkel sendiri di kota Malanag dengan modal pengalaman yang sudah ada.Berjalanlah bisnis bengkel tersebut dengan mengerjakan mesin diesel/bensin.Demikian sejarah bengkel SALVA MOTOR.
D.Struktur Organisasai Bengkel
- Kepala bengkel :Eko Sugiarto
- Mekanik :Jemi
1
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Perawatan Dan Perbaikan Motor Otomotif.
1.Jenis Praktek
Tune Up
2. Peralatan Yang Digunakan
Kunci busi Kunci (T) Timming light
Tang Kunci 10 pasreng Kompresi motor,dll
Obeng + Kunci (T) 8
Obeng – Kunci 8 pasreng
Kunci + Kunci ring 17
Kunci – Kunci 19
Kunci T 12mm Kunci 21
Kunci 12 pasreng Kunci 14
Kunci T 10 Sikat Baja
Kunci 10 pasreg Vilter
1. Langkah Kerja
a.Pembongkaran
- Lepasi tutup value untuk penyetelan value.
- Lepas busi,bersihkan kemudian diukur kerenggangan dengan ukuran sampai 0,70mm-
0,80mm.
- Buka distributor,pengecekan platina ukur kertenggangan untuk bensin 0,15mm(in)0,20(ex)
- Bersihkan kabilator dan penyetelan.
- Pengukuran konbelt dengan ukuran 10kg/cm2
- Pengukuran sudut duel dengan timming ligjt.
- Pengecekan air radiator,bila kurang ditambah.
- Pengecekan oli,bila oli sudah mencapai 2500Km-500Km oli harus diganti.
- Pembersihan filter udara ,filter bensin.
b.Pemeriksaan dan Pengukuran.
- Untuk pengukuran platina 0,15mm untuk valve in-0,20mm untuk valve lex
- Untuk pengukuran sudut duel pada rpm 500-600 dengan sudut duel 00 dengan alat pe
ngukuran timming light.
-Pengukuran busi digunakan fuler dengan ukuran 0.20mm-0,80mm.
c.Perakitan.
- Pasang tutup valve setelah penyetelan.
- Pasang kembali yang sudah dibersihakan dan sudah di ukur.
- Tutup kembali semua yang dilepas.
- Pasang kembali semua yang di lepas.
- Tutup kembali kap mesin bila sudah selesai semua.
d.Uji Coba Hasil Kerja
Mobil di sart lalu di gas secara bertahap 1000-200 rpm,bila tidak ada kendala mobil dijalankan.Pada waktu jalan apabila tidak ada problem pengapian berarti kondisi mobil sudah bagus.
2.2 Perawatan Dan Perbaikan Sistem Kelistrikan Otomotif.
2
1.Jenis Praktek.
Pemasangan relay sel
2.Peralatan Yang Digunakan.
Tang Lancip
Obeng (-)
Obeng (+)
Volt Meter
Isolator
Tang Potong
Tespen
3.Langkah Kerja.
a.Pembongkaran.
Pembongkaran lampu kepala ketika cek kondisi lampu kondisi fuse,kondisis soket bila ada konsleting kabel akan terlihat meleleh.Kita lepas kabel set dan diganti,bila sudah tidak dapat dipakai lagi.
b.Pemeriksaan dan Pengukuran.
Periksa kabel,bila ada kabel yang terkelupas harap dibungkus dengan isolator(solasi)agar tidak terjadi konsleting.
c.Perakitan.
- Untuk pemasangan elay soket 86 ke komponen soket 86 ke kabel 86 dan 50 ke kabel (+)Plus.
- Dan fuse dipasang sebelum soket 86.
d.Uji Coba Hasil Kerja.
- BIla lampu disalurkan kondisi kabel terlalu panas dan nyala lampu terang/tidak redup.
- Pada waktu lampu dimatikan relay harus tidak ada arus.
2.3 Perawatan Dan Perbaikan Chasis Dan Suspensi Otaomotif.
1.Jenis Praktek.
Under Stel
2.Peralatan Yang Digunakan.
Palu Kunci (+)plus
Kunci roda Obeng (+)
Stang jek Obeng (-)
Dongkrak
3.Langkah Kerja.
a.Pembongkaran
b.Pemeriksaan Dan pengukuran
Periksa kondisi boring bila karet boing sudah harus diganti.Periksa sok bila tekanan hidralis terlalu rendah.
Harus diservis kenyamanan berkemudi tergantung pasa under stel.
c.Perakitan.
- Pasang busing pada arem ,stabilizer,Pasang sil staper pasa sock beker hidralis ganti sok beker bila mengunakan gas.
- Pasang roda dan siap untuk dicoba.
d.Uji Coba Hasil Kerja.
Waktu jalan mobil terasa nyaman dan rileks tidak ada ketegangan,berarti mobil sudah fit(normal).
2.4 Perawatan Dan Perbaikan Sistem Pemindah Tenaga Otomotif.
1.Jenis Praktek.
3
Ger box dan garden
2.Peralatan Yang Digunakan.
Kunci
Pasreng
Obeng(-) besar
Obeng(-) kecil
Dongkrak
Jecksten
3.Langkah Kerja.
Pelepasan baut frofeler,baut steleleng gear book,pelepasan mounting gear book pelepan gear book.
Pelepasan baut matahari dan roda gila.
b.Pemeriksaan Dan Pengukuran.
Periksa kondisi kampas kopling jika sudah terlalu tipis harus diganti untuk menghindari selip kopling dan diperiksa kreas join dan sil yang perlu diganti.
c.Perakitan.
Pasang matahari,kompas kopling dan matahari dikencangkan baut dengan sekuat tenaga dan kira-kira pasang gear box monting,gear box dan fropeler.
Pasang matahari,kompas kopling dan matahari dikencangkan baut dengan sekuat tenaga dan kira-kira pasang gear box monting,gear box dan fropeler.
d.Uji Coba Hasl Kerja.
Saat jalan tidah teasa tersendal-sendal.Pada saat angkatan pertama,pada saat kecepatan tinggi tidak bebau menyengat dari gear box.
2.5 Perawatan Dan Perbaiakan Berkala(Sevice tune up).
1.Jenis Praktek.
Tune Up
2.Peralatan Yang Digunakan.
Kunci busi Kunci pasring 8
Tang Kunci ring 17
Obeng(+) Kunci 19
Obeng(-) Sikat Baja
Kunci (T)12 Vilter
Kunci Pasreng 12 Timming light
Kunci (T)10 Kompresi mobil
Kunci pas ring 10 Dll
3.Langkah Kerja.
a.Pembongkaran.
- Lepas tutup valve untuk penyetelan valve.
- Buka distributor,pengecekan plating,ukur ketenggangan,ukur sampai 0.70mm-0.80mm.
- Lepas busi bersihkan kemudian diukur kerenggangan.Dengan ukuran yang pas,ukuran sampai 0,15mm-0,20mm.
b.Pemeriksaan dan Pengukuran.
- Untuk Pengukuran plating 0,15mm untuk valve(in)0,20mm untuk valve(ex).
- Pengukuran besi digunakanfoller dengan ukuran 0,20mm-0,80mm.
c.Perakitan.
- Pasang kembali tutup vallep yang dilepas tadi.
- Tutup kembali distributor sesudah pengecekan
- Pasang kembali busi yang dilepas,bila sudah selesai dibersihkan dan dikukur.
4
d.Uji Coba Hasil Kerja.
- Mobil di start lalu gas secara bertahap 1000rpm-2000rpm,bila tidak ada kendala pada mobil ,siapa untuk diajalankan.Dan pada waktu jalan tidak ada problem pada pengapian berarti kondisi mobil sudah bagus(fit).
5
BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan.
Laporan prakerin ini saya buat agar adik-adik dapat membaca dan mengamati,sehinga pada saat pembuatan laporan prakerin nanti adik-adik dapat membuat laporan dengan sungguh – sungguh agara mendapatkan hasil yang baik daripada laporan yang dibuat oleh saya.Saya mengucapkan beribu-ribu terimakasih kepada bapak kepala sekolah,bapak Monitoring Prakerin.bapak kepala bengkel dan para pembimbing bengkel,sehingga saya dapat mengerjakan laporan Prakerin dengan sebaik-baiknya.Sya berharap Prakerin tahun depan dan sterusnya para siswa juga diberi bukupanduan dan jurnal Prakerin yang sama siswa dari awal sampai akhir pembuatan laporan.
B.Saran-saran.
Laporan Prakerin ini tidak akan luput dari kesalahan baik tulisan maupun kalimat,maka saya berharap para pembaca agar memberikan kritik dan saran.Sehingga pada pembuatan tugas akhir kelas tiga nanti saya dapat membuat TA lebi baik dari kakak-kakak kelas tiga yang sudah lulus.
6
DAFTAR PUSTAKA
1.www.otomotif.com
7
LAPORAN KEGIATAN SISWA PRAKERIN SECARA BERKALA
TANGGAL | WAKTU | KEGIATAN | PARAF | |
MULAI | SELESAI | |||
(1) | (1) | (2) | (4) | (5) |
10-01-2011 | 08.00 | 16.00 | Membersihkan rumah piston | |
11-01-2011 | 08.00 | 15.30 | Membongkar gigi transmisi | |
12-01-2011 | 08.00 | 15.30 | Memasang tromol dan roda | |
13-01-2011 | 08.00 | 15.30 | Membantu memasang askrom | |
14-01-2011 | 08.00 | 15.30 | Memasang roda | |
15-01-2011 | 08.00 | 15.30 | Melepas poros propeler | |
16-01-2011 | 08.00 | 15.30 | Memasang roda | |
17-01-2011 | 08.00 | 15.30 | Ganti oli | |
18-01-2011 | 08.00 | 15.30 | Membantu memasang roda | |
19-01-2011 | 08.00 | 15.30 | Mengetap dan mengganti oli | |
20-01-2011 | 08.00 | 15.30 | Mengisi air radiator | |
21-01-2011 | 08.00 | 15.30 | Membantu membongkar mesin | |
22-01-2011 | 08.00 | 15.30 | Mengisi air radiator | |
23-01-2011 | 08.00 | 15.30 | Membersihkan blok kap | |
24-01-2011 | 08.00 | 15.30 | Mengganti roda | |
25-01-2011 | 08.00 | 15.30 | Mengetap oli | |
26-01-2011 | 08.00 | 15.30 | Memasan tromol dan roda | |
27-01-2011 | 08.00 | 15.30 | Memasang roda | |
28-01-2011 | 08.00 | 15.30 | Membersihkan rumah piston | |
29-01-2011 | 08.00 | 15.30 | Melepas poros propeler | |
31-01-2011 | 08.00 | 15.30 | Mengisi air radiator | |
LAPORAN KEGIATAN SISWA PRAKERIN SECARA BERKALA
TANGGAL | WAKTU | KEGIATAN | PARAF | |
MULAI | SELESAI | |||
(1) | (1) | (2) | (4) | (5) |
01-02-2011 | 08.30 | 18.30 | Mmasang piston | |
02-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Menyekur klep | |
03-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Membersihkan karbulator | |
04-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Mengganti oli | |
05-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Mengganti oli gardan | |
06-12-2011 | 08.30 | 16.30 | Melepas roda | |
07-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Memasang aki | |
08-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Tune up | |
09-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Tune up | |
10-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Memasang aki | |
11-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Menyekur klep | |
12-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Tune up | |
13-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Memasang piston | |
14-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Tune up | |
15-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Ganti Oli | |
16-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Tune up | |
17-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Membantu menaikan bak perseneling | |
18-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Menyekur klep | |
19-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Tune up | |
20-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Ganti teming bel | |
21-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Memasang aki | |
22-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Menyekur klep | |
23-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Gantiteming bel | |
24-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Memasang aki | |
25-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Tune up | |
26-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Memasang aki | |
27-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Tune up | |
28-02-2011 | 08.30 | 16.30 | Memasang aki | |
LAPORAN KEGIATAN SISWA PRAKERIN SECARA BERKALA
TANGGAL | WAKTU | KEGIATAN | PARAF | |
MULAI | SELESAI | |||
(1) | (1) | (2) | (4) | (5) |
01-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Memasang piston | |
02-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Menyekur klep | |
03-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Menyekur klep | |
04-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Tune up | |
05-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Memasang piston | |
06-13-2011 | 08.30 | 16.30 | Membantu menaikan bak perseneling | |
07-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Servis dimano | |
08-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Memasang piston | |
09-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Servis dimano | |
10-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Melepas roda | |
11-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Memasang piston | |
12-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Membantu menaikan bak perseneling | |
13-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Menyekur klep | |
14-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Melepas roda | |
15-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Servis dimano | |
16-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Memasang piston | |
17-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Membantu menaikan bak perseneling | |
18-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Menyekur klep | |
19-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Servis dimano | |
20-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Memasang piston | |
21-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Membantu menaikan bak perseneling | |
22-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Servis dimano | |
23-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Menyekur klep Menyekur klep | |
24-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Servis dimano | |
25-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Servis dimano | |
26-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Memasang piston | |
27-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Servis dimano | |
28-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Servis dimano | |
29-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Memasang piston | |
30-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Servis dimano | |
31-03-2011 | 08.30 | 16.30 | Membantu menaikan bak perseneling | |
LAPORAN KEGIATAN SISWA PRAKERIN SECARA BERKALA
TANGGAL | WAKTU | KEGIATAN | PARAF | |
MULAI | SELESAI | |||
(1) | (1) | (2) | (4) | (5) |
01-04-2011 | 08.30 | 16.30 | Memasang piston | |
02-04-2011 | 08.30 | 16.30 | Menyekur klep | |
03-04-2011 | 08.30 | 16.30 | Menyekur klep | |
04-04-2011 | 08.30 | 16.30 | Mengganti oli | |
05-04-2011 | 08.30 | 16.30 | Memasang piston | |
06-14-2011 | 08.30 | 16.30 | Membantu menaikan bak perseneling | |
07-04-2011 | 08.30 | 16.30 | Servis dimano | |
08-04-2011 | 08.30 | 16.30 | Memasang piston | |
09-04-2011 | 08.30 | 16.30 | Servis dimano | |
10-04-2011 | 08.30 | 16.30 | Melepas roda | |
11-04-2011 | 08.30 | 16.30 | Memasang piston | |
12-04-2011 | 08.30 | 16.30 | Membantu menaikan bak perseneling | |
13-04-2011 | 08.30 | 16.30 | Menyekur klep | |
14-04-2011 | 08.30 | 16.30 | Melepas roda | |
15-04-2011 | 08.30 | 16.30 | Servis dimano | |
16-04-2011 | 08.30 | 16.30 | Memasang piston | |
17-04-2011 | 08.30 | 16.30 | Membantu menaikan bak perseneling | |
18-04-2011 | 08.30 | 16.30 | Menyekur klep | |
19-04-2011 | 08.30 | 16.30 | Servis dimano | |
20-04-2011 | 08.30 | 16.30 | Memasang piston | |
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
TAHUN DIKLAT 2010/2011
DI DUNIA USAHA/INDUSTRI
SHALVA MOTOR
DISUSUN OLEH:
NAMA :YOHANES ANGGRISKI L
NO INDUK :2762/289020
KELAS :XI TKR 2
JURUSAN :TEKNIK KENDARAAN RINGAN
MAJELIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH MUHAMMDIYAH
SMK MUHAMMADIYAH 06 DONOMULYO
STATUS TERKREDITASI”A”
KOMPETENSI KEAHLIAN:
1. TEKNIK KENDARAAN RINGAN
2. TEKNIK SEPEDA MOTOR
3. TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
0 comments:
Posting Komentar