TUGAS
ILMU PENGETAHUAN ALAM
MATERI PEMBELAJARAN:
“LIMBAH DI TEMPAT PSG”
Nama Kelompok:
1. Roy Wahyu A
2. Tedi Dwi A
3. Wendy Panji W
Kelas: XI TKR 2
SMK MUHAMMADIYAH 06 DONOMULYO
STATUS TERKREDITASI”A”
KEMPETENSI KEAHLIAN:
1. TEKNIK KENDARAAN RINGAN
2. TEKNIK SEPEDA MOTOR
3. TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
i
DAFTAR ISI
Lembar judul ………………………………………………………………………………………………………… i
Kata Pengantar……………………………………………………………………………………………………… ii
Daftar isi……………………………………………………………………………………………………………….. iii
BAB I PENDAHULUAN
A.Latar belakang………………………………………………………………………………………… 1
B.Tujuan…………………………………………………………………………………………………….. 1
BAB II PEMBAHASAN/ISI
A.Macam-Macam Limbah…………………………………………………………………………… 2
1.Berdasarkan Karakteristik…………………………………………………………………….. 2
2.Berdasarkan Komponen Penyusun……………………………………………………….. 2
3.Berdasarkan Sumber Limbah………………………………………………………………… 2
4.Berdasarkan Pemanfaatanya……………………………………………………………….. 2
B.Limbah Ditempat PSG……………………………………………………………………………… 2
1.Limbah cair…………………………………………………………………………………………… 2
2.Limbah Padat………………………………………………………………………………………… 2
3.Limbah Gas Dan Partikel……………………………………………………………………….. 3
4.Limbah Organik…………………………………………………………………………………….. 3
5.Limbah Anorganik…………………………………………………………………………………. 3
C. Cara Mengatasi Limbah…… ……………………………………………………………………… 3
BAB III PENUTUP
A.Kesimpulan………………………………………………………………………………………………. 4
B.Saran-Saran……………………………………………………………………………………………… 4
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………………………………………….. 6
iii
KATA PENGANTAR
Puji syukur yang sedalam-dalamnya senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah SWT .Karena atas limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas Ilmu Pengentahuan Alam tentang limbah.
Sebaimana dibuatnya tugas Ilmu Pengetahuan Alam berharap dapat menanbah dan meningkatkan pengetahuan kita semuatentang bagimana cara mengolah dan mendaur ulang limbah-limbah di tempat Prakerin yang sudah tidak dapat digunakan lagi sebai bahan-bahan untuk las,ganti spare part dan sebagianya.
Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak/Ibu guru Pembimbing yang telah memberikan arahan,sehingga kamia dapat menyelesaikan tugas-tugas yang Bapak/Ibu guru berikan.Semoga ini semua dapat menjadi bekal untuk masa depan kita,Amin.
Penyusun,12 Mei 2011
ii
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Seiring dengan banyaknya limbah industri maupun limbah rumah tangga di Indonesia,kita sebagai pelajar SMK harus bisa mengatasinya dengan cara mengolah kembali limbah-limbah tersebut menjadai barang yang berguna.
Dengan bertambah banyaknya industry di Indonesia khususnya industry kendaraan bermotor,menyebabkan banyak limbah yang terbuang di sungai atau yang lainya.Kendaraan bermotor memang banyak sekali mengandung banyak sekali limbah jika sudah tidak terpakai,contoh bekas oli kendaraan,sisa-sisa spare part dan sebagainya.
Oleh sebab itu agar dunia kita tidak menjadi kotor karena limbah,mari kita olah limbah-limbah yang ada di bengkel khususnya,untuk dijadikan barang-barang yang lebih bermanfaat.
B. Tujuan
Belajar bagaimana cara mengatasi limbah di tempat prakerin/bengkel-bengkel,agar limbah tersebut tidak dibuang sembarangan dan agar tidak menyebabkan polusi.
1
BAB II
PEMBAHASAN/ISI
A.Macam-Macam Limbah.
1.Berdasarkan Karateristik.
a.Limbah cair.
b.Limbah padat.
c.Limbah Gas dan Partikel.
d.Limbah B3 (Bahan Berbahaya Dan Beracun).
2.Berdasarkan Komponen Penyusun.
a.Limbah organik.
Limbah organic adalah limbah yang dapat diuraikan mikro organism.Contohnya sisa-sisa makanan,daun ,kertas dan lain-lain.
b.Limbah anorganik.
Limbah anorganik adalah limbah limbah yang tidak dapat di uraikan atau dapat diuraikan tetap dalam jangka waktu yang sangat lama.Contohnya kaleng,alumunium,besi,kaca dan lain-lain.
3.Berdasarkan Sumber Limbah.
a.Limbah Rumah Tngga.
b.Limbah Industri.
c.Limbah Pertanian.
d.Limbah Minyak.
e.Limbah Idustri Makanan Dan Minuman.
4.Beradasarkan Pemanfaatnya.
a.Limbah yang dapat dimanfaatkan tanpa daur ulang.
b.Limbah yang dapat dimanfaatkan melaui daur ulang.
B.Limbah Ditempat Prakerin/PSG.
1.Limbah Cair.
Limbah cair sangat banyak terdapat di tempat Prakerin khususnya bengkel-bengkel otomotif,seperti sisa-sisa oli bekas,solar bekas untuk mencuci komponen –komponen mesin dan sebagainya.
2.Limbah Padat.
Limbah padat tidak berbeda dengan limbah cair .limbah padatpun sangat banyak dijumpai ,contohnya seperti sisa-sisa onderdil,besi,kawat,kayu dan sabainya.
2
3.Limbah Gas Dan Partikel.
Limbah gas dan partikel berbeda dengan limbah cair dan padat .Limbah partikel dan gasa terjadi pada saat mengelas listrik atau las gas,hal tersebut terjadi karena besi yang meleleh dan mengakibatkan gas-gas.
4.Limbah Organik.
LImbah organik terdapat pada sisa-sisa makana n,buah-buahan,sayuran,kardus,kertas dan lain-lain.
5.Limbah Anorganik.
Limbah anorganik terdapat pada boto-botol bekas oli,kaleng cat,plastic dan lain-lain.
C.Cara Mengatasi Limbah.
Cara mengatasi limbah sebenarnya cukup mudah dilalukan,tepapi tergantung kemauan seseorang.
Cara mengatasi limbah-limbah organic deangan cara diolah menjadi pupuk kompos,untuk kertasdan kardus dijadikan kertas daur ulang.
Cara mengatasi limbah-limbah anorganik dengan cara amengolah besi-besi yang masih bisadigunakan untuk bahan-bahan mengelas.Botol-botol digunakan untuk peralatan rumah tangga.Sisa-sisa onderdil dan oli dijual kembali pada penampung barang-barang bekas.
BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan.
Dengan mengetahui macam-macam limbah diharapkan ,kita siswa/siswi SMK Muhammadyah 6 Donomulyo,mampu mengolah kembali macam-macam limbah di Prakerin,dan semoga kita dapat melestarikanbumi yang kita tempati sekarang ini.
B.Saran-Saran.
Setelah kita mengetahui bahaya-bahaya yang timbul karena limbah,kita diharapkan bisa menjaga lingkungan tempat tinggal kita gar tetap bersih dan rapi.
4
DAFTAR PUSTAKA
1. Absolut.2000.Ilmu pengetahuan alam smk.Surakarta:Suara Media Sejahtera.
2. MODUL STAR.2011.Ilmu Pengetahuan Alam SMK.Solo:Putra Kertonatan.
5
0 comments:
Posting Komentar